Selasa, 15 November 2016

KEWIRAUSAHAAN





A.     Rencana Bisnis
1.       Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar, dan dari yang murah sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti dibutuhkan makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
Dengan adanya mata kuliah kewirausahaan yang juga menjadi kurikulum pada perkuliahan saya di Universitas Gunadarma dan juga untuk memenuhi tugas dari mata kuliah tersebut, maka tercetuslah ide saya untuk membuat usaha di dalam makanan ringan berupa “Rongsis (Roti Goreng Sosis)”. Pembuatan makanan Roti sosis goreng merupakan makanan ringan yang sehat. Sasaran pembeli saya adalah anak-anak sekolahan.

2.       Visi dan Misi
Visi :
Konsumen puas akan rasa dari produk yang kami tawarkan
Misi :
·         Berkomitmen untuk menyediakan makanan bergizi, sehat, dan murah dikalangannya.
·         Memperkenalkan kepada anak-anak sekolahan jajanan rakyat yang murah tetapi enak.

3.       Analisis Bisnis
a)      Kekuatan
·           Harga produk ekonomis
·           Kebersihan produk terjamin
·           Produk tidak menggunakan bahan pengawet dan zat-zat berbahaya lainnya juga rasa yang masih asli atau otentik.
b)      Kelemahan
·           Produk yang kami tawarkan merupakan jajanan rakyat yang banyak tersedia di berbagai tempat.
·           Produk yang kami tawarkan tidak bertahan lama karena tanpa menggunakan bahan pengawet.
c)      Peluang
·       Banyak penjual lain yang menjual produk yang sama tetapi menggunakan bahan pengawet, sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet.
·     Produk kami masih mempertahannkan rasa asli dari produk pada saat pertama kali masyarakat baru mengetahui produk tersebut.
d)     Hambatan
·           Produk yang kami tawarkan adalah produk yang hampir tersingkir karena banyaknya jajanan dari luar negeri.
·           Produk yang kami tawarkan jika sudah tidak hangat lagi maka tampilannya menjadi kurang menarik.



B.       Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar berupa, lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar, dan karakteristik pasar.
a)      Produk yang akan dijual
Produk yang akan dijual dalam usaha ini adalah jajanan rakyat yang sudah tidak asing dengan lidah orang indonesia dan juga bisa ditemukan dimana saja yaitu roti sosis goreng.
b)      Penawaran dan Permintaan
Pada umumnya masyarakat selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, termasuk dalam hal kuliner. Dalam hal ini produk yang kami tawarkan berupa makanan ringan dan jajanan rakyat yang tidak terlalu mengenyangkan.
c)      Harga Jual Produk
Harga jual produk yang kami tawarkan kepada konsumen untuk tiap produknya sebesar Rp. 3.000.

C.       Analisis Produksi
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan roti sosis adalah sebagai berikut :
·         Roti tawar 20 buah           Rp. 13.000
·         Sosis 20 buah                   Rp. 16.000
·         Telur ayam 2 butir            Rp.  2.000
·         Tepung roti 1/4 kilo          Rp.  4.000
·         Minyak                             Rp.  8.000 +
Jumlah                               Rp. 43.000   
 Biaya plastik                    Rp.   2.500 +
 Total                                 Rp. 45.500
D.      Analisis Resiko Bisnis
Dalam kegiatan usaha ini, resiko bisnis yang kami hadapi adalah ketidak tahanan produk kami karena tidak menggunakan bahan pengawet. Oleh sebab itu maka jika produk kami tidak semuanya habis akan menyebabkan kerugian dalam kegiatan usaha.

E.       Proyeksi Keuangan
Harga Jual Roti sosis goreng                    Rp.   2.500/pcs
Volume Produksi                                                     20 pcs
Hasil penjualan (Rp. 3.000x20)               Rp.  60.000
Pengeluaran Bahan Baku                         Rp.  45.500
Keuntungan                                              Rp. 14.500

F.        Strategi Bisnis
Di dalam pemasaran kita harus pandai dalam mengatur harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, dan salah satu cara berpromosi adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap makanan.
a)      Mengatur Tempat Penjualan
             Tempat berlangsungnya usaha kami berada di kantin sekolah.
b)      Promosi Produk
              Kami mempromosikan produk kami dengan cara menitipkan ke kantin sekolah.


G.      Rencana Aktifitas
Dalam menjalankan usaha ini, saya berencana untuk menawarkan dan menitipkan produk saya ke kantin sekolahan yang berada di dekat rumah saya. Hal ini dilakukan mengingat target konsumen saya adalah kalangan anak-anak sekolahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar