A. Rencana
Bisnis
1. Latar
Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali
berbagai bentuk macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar,
dan dari yang murah sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak
sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti dibutuhkan makanan yang sehat dan
bermanfaat bagi tubuh.
Dengan adanya mata
kuliah kewirausahaan yang juga menjadi kurikulum pada perkuliahan saya di
Universitas Gunadarma dan juga untuk memenuhi tugas dari mata kuliah tersebut,
maka tercetuslah ide saya untuk membuat usaha di dalam makanan ringan berupa
“Rongsis (Roti Goreng Sosis)”. Pembuatan makanan Roti sosis goreng merupakan makanan
ringan yang sehat. Sasaran pembeli saya adalah anak-anak sekolahan.
2. Visi
dan Misi
Visi :
Konsumen puas akan rasa dari produk yang kami tawarkan
Misi :
·
Berkomitmen
untuk menyediakan makanan bergizi, sehat, dan murah dikalangannya.
·
Memperkenalkan
kepada anak-anak sekolahan jajanan rakyat yang murah tetapi enak.
3. Analisis
Bisnis
a) Kekuatan
·
Harga produk ekonomis
·
Kebersihan produk terjamin
·
Produk tidak menggunakan bahan pengawet dan zat-zat
berbahaya lainnya juga rasa yang masih asli atau otentik.
b) Kelemahan
·
Produk yang
kami tawarkan merupakan jajanan rakyat yang banyak tersedia di berbagai tempat.
·
Produk yang
kami tawarkan tidak bertahan lama karena tanpa menggunakan bahan pengawet.
c) Peluang
·
Banyak
penjual lain yang menjual produk yang sama tetapi menggunakan bahan pengawet,
sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet.
·
Produk kami
masih mempertahannkan rasa asli dari produk pada saat pertama kali masyarakat
baru mengetahui produk tersebut.
d) Hambatan
·
Produk yang
kami tawarkan adalah produk yang hampir tersingkir karena banyaknya jajanan
dari luar negeri.
·
Produk yang
kami tawarkan jika sudah tidak hangat lagi maka tampilannya menjadi kurang
menarik.
B. Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu
penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar
berupa, lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar, dan karakteristik pasar.
a) Produk yang akan dijual
Produk yang akan dijual dalam usaha
ini adalah jajanan rakyat yang sudah tidak asing dengan lidah orang indonesia
dan juga bisa ditemukan dimana saja yaitu roti sosis goreng.
b) Penawaran dan Permintaan
Pada umumnya masyarakat selalu
menginginkan sesuatu yang berbeda, termasuk dalam hal kuliner. Dalam hal ini
produk yang kami tawarkan berupa makanan ringan dan jajanan rakyat yang tidak
terlalu mengenyangkan.
c) Harga Jual Produk
Harga jual produk yang kami tawarkan
kepada konsumen untuk tiap produknya sebesar Rp. 3.000.
C. Analisis Produksi
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam
pembuatan roti sosis adalah sebagai berikut :
·
Roti tawar 20 buah Rp. 13.000
·
Sosis 20
buah Rp. 16.000
·
Telur ayam 2
butir Rp. 2.000
·
Tepung roti 1/4 kilo Rp. 4.000
·
Minyak Rp. 8.000 +
Biaya plastik Rp. 2.500 +
Total Rp. 45.500
D. Analisis Resiko Bisnis
Dalam kegiatan usaha ini, resiko
bisnis yang kami hadapi adalah ketidak tahanan produk kami karena tidak
menggunakan bahan pengawet. Oleh sebab itu maka jika produk kami tidak semuanya
habis akan menyebabkan kerugian dalam kegiatan usaha.
E. Proyeksi Keuangan
Harga Jual Roti sosis goreng Rp. 2.500/pcs
Volume Produksi 20
pcs
Hasil penjualan (Rp. 3.000x20) Rp. 60.000
Pengeluaran Bahan Baku Rp. 45.500
Keuntungan Rp. 14.500
F.
Strategi Bisnis
Di dalam pemasaran kita harus pandai
dalam mengatur harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, dan salah
satu cara berpromosi adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap
makanan.
a) Mengatur Tempat Penjualan
Tempat berlangsungnya usaha kami
berada di kantin sekolah.
b) Promosi Produk
Kami mempromosikan produk kami
dengan cara menitipkan ke kantin sekolah.
G. Rencana Aktifitas
Dalam menjalankan usaha ini, saya
berencana untuk menawarkan dan menitipkan produk saya ke kantin sekolahan yang
berada di dekat rumah saya. Hal ini dilakukan mengingat target konsumen saya
adalah kalangan anak-anak sekolahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar